Subscribe:

Selasa, 08 Januari 2013

Siapakah Sosok Sang the Mentor itu ?


          Siapakah sosok sang the mentor itu, sosok yang meciptakan ideologi bagi para hacker ?
Nama asli the mentor adalah Loyd Blankenship, cobalah buka website http://blankeship.com/ 
Anda akan disambut dengan kata “I've been woodworking for almost twenty years now. I make mainly smaller items -- jewelry boxes and such. I'm a big believer in using the best wood I can possibly find and then doing as little as possible to screw it up” jika diartikan dalam bahasa indonesia kurang lebih seperti : “Saya sudah hampir dua puluh tahun membuat kerajinan kayu.Utamanya, saya membuat barang-barang kecil, kotak perhiasan dan semacamnya.Saya selalu memakai kayu terbaik yang bisa saya temukan dan membuat barang sekecil-kecilnya”.

      Jika belum pernah mendengar siapa itu Loyd Blankenship sebelumnya mungkin anda akan mengira pemilik website http://blankenship.com/ itu adalah seorang pengrajin kayu, tetapi cobalah buka website http://google.com dan search Loyd Blankenship, dan hasilnya anda akan menemukan beliau adalah seorang hacker terkenal dari Amerika Serikat, beliau pernah menjadi anggota dari Legion of Doom (LOD) ia merupakan generasi kedua dari kelompok tersebut, LOD merupakan kelompok hacker yang berdiri pada tahun 1984, beliau sangat sering melakukan pengalihan jaringan telepon, menyalin informasi – informasi milik berbagai perusahaan dan menyebarkan panduan hacking di kalangan underground beliau dikenal dengan sebutan “the mentor”.

       Beliau pertama kali mengenal komputer ketika keluarga Loyd dari Austin ke San Marcos yang sama sama terletak di negara bagian Texas, pada awal 1978, beliau masih duduk di sekolah dasar. Di San Macros saat itu tak ada orang yang dikenalnya. Beliau lebih banyak menghabiskan waktunya di laboratorium komputer yang terdapat di perpustakaan southwest texas state university, disana terdapat banyak komoputer generasi awal seperti Per-10s, Compu Colors dan beberapa Apple II generasi awal. Beliau sering bermain game dikomputer – komputer tersebut. Loyd mempunyai komputer pada tahun 1979 dan komputer pertamanya adalah Apple Lie. Dunia hacking mulai beliau kenal setelah berkenalan dengan macam – macam operator sistem yang mengelola komputer besar, PDP mainframe, di tempat ibunya bekerja, para operator itu mengenalkan Loyd dengan game Star Trek yang dimainkan lewat mainframe, dan beliau menyukai game tersebut.

       Beliau mencetak kode sumber program game Start Trek yang dibuat dengan bahasa basic, berdasarkan kode sumber itu beliau mengubah program game itu agar dapat dimainkan di komputer compucolors, inilah hacking pertama beliau. Tapi untuk hacking dalam membobol komputer beliau lakukan pada sebuah guest password yang beliau dapat dari teman keluarga, sebuah guest password memang lazim ada di sebuah sistem komputer dengan sebuah guest password pengguna dapat memakai komputer dengan hak – hak yang terbatas, berkat hacking yang beliau lakukan beliau dapat memperoleh  daftar pemakai komputer yang kemudian beliau hack agar dapat memasuki sistem komputer lebih leluasa.

       Nama the mentor menjadi terkenal setelah nama itu dipublikasikan  di Phrack magazine, sebuah majalah elektronik yang beredar di kalangan hacker, ia membuat sebuah risalah berjudul “the conscience of a hacker” namun risalah itu setelah beliau ditangkap dalam sebuah kasus hacking kemudian lebih dikenal sebagai manifesto hacker atau sebuah pernyataan sikap dari hacker. Dipublikasikan di Phrack, sebuah majalah elektronik yang beredar di kalangan hacker. Aslinya, risalah itu berjudul “The Conscience of a Hacker”, namun risalah yang beliau tulis beberapa saat setelah ditangkap dalam sebuah kasus hacking ini kemudian lebih dikenal sebagai Manifesto Hacker. Jika anda ingin tahu isi dari manifesto tersebut silahkan agan tulisan yang terdapat link, klik tulisannya : Manifesto Hacker

      Aroma pemberontakan sangat kental dalam manifesto ini tulisan Sang Mentor ini dianggap mewakili semangat dan kegemaran dunia bawah tanah hacker terhadap masyarakat yang menolak kegiatan hacking. Hampir semua hacker di seluruh jagad raya  menjadikan manifesto ini sebagai ideologi mereka dalam bertindak. Tentang manifesto hacker yang pernah di tulisnya itu, beliau berkata “manifesto itu masih valid sampai sekarang. Selain kemampuan hackingnya, manifesto inilah yang melambungkan nama the Mentor di dunia hacking. Beliau bahkan dianggap sebagai ”legenda hidup”oleh dunia hacking dunia. ”Kalau bisa, aku mengirim satu dolar ke masing-masing orang (yang menyebutnya sebagai “legenda hidup”). Sungguh aku benar-benar tersanjung dengan atensi itu,” ujarnya.


PENGGREBEKAN SEMBRONO DAN PENSIUN DARI HACKING

            Loyd mengaku pensiun dari dunia hacking. Beliau punya alasan kenapa sampai turun dari panggung hacking.”Aku sudah berada di titik dimana semua tantangan-tantangan yang orisinal sudah berlalu,” ujarnya. Dunia hacker ditinggalkan oleh Loyd pada tahun 1990.”Ketika aku menjalankan Phoenix Project (pada tahun itu), aku sudah tahu bahwa aku harus berhenti.” ujarnya. Phoenix Project adalah sebuah (BBS) Buletin Board System yang sangat besar dan terkenal di bidang hacking. ”Aku tahu,waktu itu aku dipantau,” ujarnya. Dan memang benar, pada tahun 1990 itu Secret Service United States of America (Dinas Rahasia Amerika Serikat) menggrebek rumah Loyd. Penggrebekan itu dikaitkan dengan penggrebekan lain yang dilakukan oleh Secret Service 1 Maret 1990 di kantor Steve Jackson Games,inc. Perusahaan pembuat game komputer tempat Loyd bekerja. Penggrebekan di Steve Jackson Games itu berkaitan dengan tuduhan bahwa beliau menyimpan dokumen telepon curian di sana. Ada yang mengatakan, penggrebekan itu merupakan bagian dari Operation Sundevil, yaitu kegiatan dinas rahasia Amerika Serikat dalam memerangi ”kegiatan hacking komputer yang ilegal”. Tapi beberapa pihak menganggap bahwa penggerebekan itu tidak berkaitan dengan Operation Sundevil.

             Dalam penggrebekan itu, Secret Service tidak menemukan dokumen yang mereka cari. Tapi dinas rahasia Amrika Serikat itu menyita sejumlah komputer milik perusahaan tersebut maupun komputer rumah Loyd dan manuskrip ”Gurps Cyberpunk”. Manuskrip yang ditulis oleh Loyd itu sebetulnya merupakan buku babon (Source Book) dari sebuah game yang sedang dikembangkan oleh perusahaan itu. Tapi Secret Service menyebut buku itu sebagai ”buku pegangan untuk kejahatan komputer”. Komunitas hacker bereaksi keras atas penggerebekan itu dan belakangan, pengadilan membuktikan bahwa penggerebekan itu bermasalah karena dianggap sembrono dan tidak adil. Tiga tahun kemudia juri pengadilan memenangkan gugatan Steve Jackson Games, inc. atas Secret Service.


PESAN DARI SANG MENTOR

              Sekarang Sang Mentor itu, selain menekuni bisnisnya sebagai pengrajin kayu tadi, juga bekerja freelance sebagai pendesain game dan musisi digital. Beliau mengaku tidak terlalu banyak tahu siapa saja yang aktif di jagat hacking dewasa ini. Sebagai seorang legenda, beliau sempat menyampaikan pesannya bagi mereka yang berminat pada dunia hacking :

"Kalau kamu akan membobol komputer, hati-hatilah. Kamu benar – benar seperti akan tertangkap, dan itu payah. Banyak sekali yang bisa kamu lakukan secara legal (belajar linux dan pemrograman misalnya). Saya sarankan mulailah dari situ."


Sumber Referensi :
  • Judul Buku    : Dibalik Kisah - Kisah Hacker Legendaris
  • Penulis Buku : Wicak Hidayat & Yayan Sopyan
  • Penerbit        : mediakita

"Terimakasih telah membaca artikel Siapakah Sosok Sang the Mentor itu ? pada blog Sleep Bomb Silahkan kirim kritik dan saran ke : sleep.bomb007@gmail.com Semoga artikel ini bermanfaat, Salam dari Admin :)"

2 Comment:

Purwa Wisata mengatakan... Reply Comment

terima kasih infonya Berita Seputar Kita

Blogger mengatakan... Reply Comment

Gain your access to 16,000 woodworking plans.

Teds Woodworking has more than 16,000 woodworking plans with STEP-BY-STEP instructions, pictures and diagrams to make each project laughably easy.

Posting Komentar