Subscribe:

Jumat, 11 Januari 2013

Server

            "Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer." Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan atau network operating system.

            Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya printer, dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan. Umumnya, di atas sistem operasi server terdapat aplikasi-aplikasi yang menggunakan arsitektur klien/server. Contoh dari aplikasi ini adalah DHCP Server, Mail Server, FTP Server, DNS Server dan lain sebagainya.

              Setiap sistem operasi server umumnya membundel layanan-layanan tersebut atau layanan tersebut juga dapat diperoleh dari pihak ketiga. Setiap layanan tersebut akan merespons terhadap request dari klien. Sebagai contoh, klien DHCP akan memberikan request kepada server yang menjalankan server DHCP, ketika sebuah klien membutuhkan alamat IP, klien akan memberikan perintah / request kepada server, dengan bahasa yang dipahami oleh server DHCP, yakni protokol DHCP itu sendiri. Contoh sistem operasi server adalah Windows NT 3.51, dan dilanjutkan dengan Windows NT 4.0. Saat ini sistem yang cukup populer adalah Windows 2000 Server, dan Windows 2003 Server, dan telah ada pengembangannya ke Windows 2008 Server, dan yang belum lama release yaitu Windows server 2012, kemudian Sun Solaris, Unix, dan GNU/Linux.

Dilihat dari fungsinya, server bisa di kategorikan dalam beberapa jenis, seperti :
  • Application Server
Yaitu Server yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh klien.
  • Data Server
Yaitu Server yang digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan klien secara langsung maupun data yang diproses oleh server aplikasi.
  • Proxy Server
Yaitu Server yang digunakan untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proksi.

 "Terimakasih telah membaca artikel Server pada blog Sleep Bomb Silahkan kirim kritik dan saran ke : sleep.bomb007@gmail.com Semoga artikel ini bermanfaat, Salam dari Admin :)"

1 Comment:

Blogger mengatakan... Reply Comment

If you're looking to lose fat then you certainly have to try this brand new personalized keto meal plan diet.

To create this service, licensed nutritionists, fitness couches, and professional cooks have united to develop keto meal plans that are productive, convenient, cost-efficient, and delicious.

Since their first launch in early 2019, hundreds of individuals have already transformed their figure and well-being with the benefits a smart keto meal plan diet can offer.

Speaking of benefits: in this link, you'll discover eight scientifically-tested ones offered by the keto meal plan diet.

Posting Komentar