Subscribe:

Selasa, 06 November 2012

Sejarah Perkembangan CMS

           Jika kita melihat sistem manajemen konten selama bertahun-tahun kita dapat dengan mudah melihat bahwa telah terjadi perubahan besar. Pada tahap awal, dokumen secara manual dikonversi ke HTML. Kemudian sejumlah program yang kompleks digunakan untuk membuat konten dan Photoshop untuk mengedit gambar. RTF ke HTML pada umumnya digunakan untuk mengkonversi dokumen kata untuk bahasa HTML. Dreamweaver digunakan dalam banyak kasus untuk mengedit halaman HTML. Setiap koreksi harus dibuat dalam dokumen HTML secara manual dan kemudian dokumen baru perlu di-upload. Semua link yang perlu diperbarui harus mencari dan kemudian mereka harus diubah satu per satu secara manual. Berikut ini adalah perkembangan perangkat lunak CMS :
Tahun 1997
Pembangunan TYPO3 yang dimulai dari awal oleh Kasper Skårhøj pada tahun 1997 dan selesai tahun 1999 menjadi sebuah CMS open source.

Tahun 1999
Intranet Solutions meluncurkan Xpedio, pertama di industri end-to-end web sistem manajemen konten, pada bulan September 1999. Xpedio didasarkan pada inti intranet solusi teknologi, dikombinasikan dengan teknologi yang diperoleh dari akuisisi Akses Info pada bulan September.

Tahun 2000
Software SilverStripe dikembangkan oleh SilverStripe Limited, sebuah perusahaan pengembangan situs web didirikan pada tahun 2000. Pada tanggal 3 Februari 2007, SilverStripe 2.0.0 dirilis publik sebagai perangkat lunak open source.

Tahun 2001
Movable Type adalah weblog sistem yang dikembangkan oleh perusahaan Six Apart versi 1.0 dirilis pada Oktober 2001. Plone, sebuah sistem manajemen konten yang open source atas server aplikasi Zope.
 
Tahun 2001
Rilis awal Drupal, Awalnya ditulis oleh Dries Buytaert sebagai papan message board, Drupal menjadi sebuah proyek open source pada Januari 2001.

Tahun 2003
Wordpress 0,71-Gold dirilis, tersedia untuk di-download di halaman Arsip Rilis resmi WordPress. Versi versi resmi pertama dari WordPress relased pada Januari 2004.

Tahun 2003
 Textpattern adalah konten open source sistem manajemen awalnya dikembangkan oleh Dean Allen, ditulis dalam PHP menggunakan database MySQL.

Tahun 2004
CMS Made Simple dibangun menggunakan PHP yang menyediakan pengembang website dengan utilitas sederhana, mudah digunakan untuk memungkinkan membangun semi-statis situs.

Tahun 2005
Pada 16 September 2005 Joomla 1.0.0 dirilis, dan berbasis open source

Tahun 2005
dotCMS adalah CMS untuk membangun / mengelola website, konten dan aplikasi konten web push.

Tahun 2007
Frog CMS adalah konten open source sistem manajemen awalnya dikembangkan oleh perusahaan Philippe Archambault, adalah port dari Ruby on Rails CMS dikenal sebagai Radiant.

Tahun 2011
Pada bulan April Melody 1.0 dirilis, yang didasarkan pada Movable Type.

0 Comment:

Posting Komentar