Subscribe:

Senin, 07 November 2011

FireWall dalam Jaringan Komputer



       Firewall, mungkin anda sering mendengar yang namanya firewall, apa itu firewall dalam jaringan komputer ? Firewall adalah sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang aman. Umumnya, sebuah firewall diimplementasikan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal dan jaringan lainnya.

         Firewall umumnya juga digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapa saja yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari pihak luar. Saat ini istilah firewall menjadi istilah generik yang merujuk pada sistem yang mengatur komunikasi antar dua jaringan yang berbeda. Mengingat saat ini banyak perusahaan yang memiliki askes ke internet dan juga tentu saja jaringan korporat di dalamnya, maka perlindungan terhadap aset digital perusahaan tersebut dari serangan para hacker, pelaku spionase, ataupun pencuri data lainnya, menjadi esensial.

         Jadi firewall adalah suatu mekanisme untuk melindungi keamanan jaringan komputer dengan menyaring paket data yang "baik" yang diperbolehkan melewati jaringan dan paket data yang dianggap "jahat" yang tidak diperbolehkan melewati jaringan. Firewall dapat berupa perangkat lunak (software) contohnya seperti : antivirus dan internet security atau perangkat keras (hardware) yang ditanam perangkat lunak yang dapat menfilter paket data, contohnya : router.

1 Comment:

Blogger mengatakan... Reply Comment

I have used AVG protection for a couple of years now, I would recommend this product to all of you.

Posting Komentar