Subscribe:

Sabtu, 05 November 2011

Beep Code


              Beep Code merupakan salah satu alat bantu standar yang ada pada komputer modern, keberadaannya ini ditunjang dengan adanya perangkat "Buzzer" untuk menghasilkan suara secara standar. Gunanya beep code ini yaitu memberitahukan adanya kesalahan fatal yang membuat sistem tidak dapat melakukan proses booting. Kesalahan ini mencakup beberapa komponen mulai dari processor, memori, harddisk, VGA card, dll.

Berikut ini adalah beep code yang umum, hampir di setiap motherboard sering ditemukan :
  • Bunyi beep pendek 1 bunyi beep
Komputer dalam keadaan normal atau tidak ada masalah, bunyi ini bisa terdengar saat menyalakan komputer.

  • Bunyi beep panjang berulang tanpa berhenti
 Kemungkinan ada gangguan pada memori, periksa pemasangan memori apakah telah terpasang dengan benar atau tidak, jika tidak, lepas dan pasang kembali memori dengan posisi yang benar dan pas.
Sebaiknya bagian tembaga pada memori dibersihkan oleh kuas, penghapus pensil, atau cotten bud. Atau kemungkinan memori telah rusak dan tidak bisa dipakai lagi.

  • Bunyi beep 1 kali panjang, 2 kali pendek
Kemungkinan ada gangguan dari VGA (Video Graphic Adapter) card, tidak terpasang dengan benar, coba periksa kabel monitor yang terhubung pada VGA card. Jika masih sama kemungkinan VGA card telah rusak.

  • Bunyi beep dengan suara keras saat PC menyala.
Kemungkinan besar processor terlalu panas (overheat). Periksalah pemasangan processor, fan, dan sirkulasinya, bersihkanlah fan dengan kuas agar debu dan kotorannya hilang, sehingga fungsi fan bekerja lebih optimal.

0 Comment:

Posting Komentar