Subscribe:

Senin, 17 Oktober 2011

Jenis - Jenis Baterai Laptop

             Baterai adalah suatu alat listrik dan kimiawi yang menyimpan energi dan mengeluarkan energi dalam bentuk listrik. Ada beberapa jenis baterai laptop, antara lain sebagai berikut ini :


  •  Nickel Cadmium (NiCd)
         Baterai tipe ini merupakan baterai laptop isi ulang yang pertama kali, keunggulan baterai ini terletak pada kapasitas yang cukup besar dan harganya yang murah, tapi baterai ini ukurannya besar dan bobotnya berat. Sekarang sudah tidak ada laptop keluaran baru yang menggunakan baterai NiCd.

  •   Nickel Metal Hydride (NiMH)


           Baterai jenis ini juga bisa dikatakan jadul, tapi masih ada sebagian produk pasaran yang menggunakan baterai ini. Keunggulan baterai NiMH dibandingkan dengan NiCd adalah kapasitas yang lebih baik, lebih aman, dan biaya produksinya yang lebih murah. Hanya saja baterai jenis NiCd dan NiMH memiliki kekurangan yaitu "memory efect" atau bisa dikatakan "pikun", Gambarannya seprti ini : Sebuah laptop dengan baterai NiCd atau NiMH dipakai hanya separuh kapasitasnya atau hanya 50% lalu diisi sampai penuh, hal itu dialkukan berulang - ulang kali dan sering selama beberapa hari, lama kelamaan, baterai itu menjadi "pikun" dan mengira bahwa kapasitas penuhnya hanya 50% saja, baterai masih bisa dipakai tapi kapasitasnya menurun menjadi separuhnya.

            Untuk mencegah "memory effect" pada jenis baterai tersebut sebaiknya dipakai sampai habis sebelum diisi ulang. Setidaknya, kondisi pemakaian satu siklus penuh itu perlu dilakukan satu kali dalam dua atau tiga minggu.

  • Lithium Ion (LiON)
 
        Ini adalah jenis baterai yang umum digunakan pada hampir semua jenis laptop baru. Baterai LiON memiliki keunggulan dari bobotnya yang ringan dibandingkan NiCd dan NiMH. Baterai LiON jarang atau tidak memiliki "memory effect" sehingga perawatannya lebih mudah. Kekurangannya hanya terletak pada harganya yang relatif mahal.

0 Comment:

Posting Komentar